Profil SUTAN BHATOEGANA SIREGAR

Sutan Bhatoegana – lahir di Pemantang Siantar, dan tinggal di Medan Sumatera Utara. Pria asli Medan ini berasal dari keluarga militer. Dulu sang ayah pernah menjadi anggota dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dan ibunya hanyalah seorang ibu rumahtangga.

Membaca buku sejarah adalah hobi Sutan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Berbagai buku tentang sejarah dan kisah orang besar pun telah dilahapnya. Tidak hanya buku yang menjadi bahan bacaan sewaktu kecil, namun koran pun juga disukainya.

Ternyata hobi membaca ini diwariskan dari sang ayah yang memang gemar membaca buku-buku sejarah. Bahkan ada cerita lucu saat kecil dulu, ia suka membawa buku dan membacanya di atas pohon jambu. Hal ini dilakukannya karena ingin lebih fokus dalam membaca. Selain membaca, Sutan juga gemar menonton film India. Kesuakaannya pada film India dikarenakan pengaruh dari sang Ibu. Ternyata dulu ibunya sering mengajak Sutan menonton bareng film India di rumahnya.

Semasa sekolah dulu, ia berpindah-pindah tempat. Saat sekolah di SDN 12 tahun 1970, ia bersekolah di Padang Sidempuan. Lulus SD, dirinya melanjutkan ke STN 1, Pemantang Sinantar dan masuk ke STM di Medan. Lulus sekolah, ia hijrah ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikannya di Akademi Teknik Nasional.

Selama kuliah, Sutan dikenal aktif di kemahasiswaan. Berbagai organisasi kampus dan non kampus pun pernah ikuti salah satunya menjadi Kasie II Yon V Mahakarta Yogyakarta dan Anggota Dewan Pembina FKPPI Lhokseumawe. Di organisasi Sutan memang dikenal kritis. Dengan pemikiran-pemikiran yang didapatnya dari membaca buku, ia tampil unggul diantara teman-teman seorganisasinya.

Selain kuliah, Yogyakarta juga menjadi tempat ia bertemu dengan sang pujaan hati yang kini menjadi istrinya. Ada cerita unik yang terjadi kala itu, yakni saat dirinya sedang mengajar Unung Rusyati. Saat itu, Unung adalah masih duduk di bangku SMP, sedangkan Sutan sudah kuliah semester satu. Meski perbedaan umur yang begitu jauh namun tak memnyurutkan niatnya untuk berkenalan dengan Unung.

Saat dikosan dulu, yang suka dengan Unung tidak hanya Sutan tapi hampir semua teman satu kosannnya pun juga suka. Tapi dengan perjuangan tak pantang malu, ia terus berjuang. Meski sempat ditolak, namun akhirnya Sutan berhasil meminangnya.

Dunia pertambangan dan mineral adalah profesinya sejak dulu. Maka tak heran bila ia pernah menjadi manager bahkan komisaris di berbagai perusahaan tambang baik nasional maupun internasional. Selama bertahun-tahun berkelut di dunia tambang, tak menyurutkan niatnya untuk terjun ke politik. Karena sejak lama dunia politik telah menjadi cita-citanya, namun karena belum menemukan wadah yang pas akhirnya Sutan pun enggan masuk ke dalam parpol.

Tahun 2001, Sutan mulai terjun ke partai politik. Ia membantu Vance Rumangkang mengumpulkan orang-orang untuk merealisasikan pembentukan sebuah partai politik yang diperkasai Presiden oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Vance Rumangkang merupakan salah satu tokoh yang turut melahirkan Partai Demokrat.

Duet keduanya pun akhirnya membentuk Tim 9 yang beranggotakan 10 orang yang bertugas untuk mematangkan konsep-konsep pendirian sebuah partai politik, dimana Sutan menjadi salah satunya. Tim ini pun bekerja ekstra hingga akhirnya terbentuklah Partai Demokrat.

Tanggal 10 September 2001, Tim 9 mendaftrakn Partai Demokrat ke Kementrian Hukum dan HAM dan langsung diterima oleh ka SUBDIT pendaftaran Kemenkumham. Kemudian pada tanggal 25 September 2001 terbitlah Surat Keputusan yang menyatakan Partai Demokrat sah menjadi partai politik dan diperbolehkan ikut dalam pemilu.

Pemilu tahun 2004, Sutan pun mencalonkan diri menjadi anggota legilatif dari PD dari daerah pilihan (dapil) Bangka Belitung. Meski partai baru, PD pun melaju pesat dan mampu membawa Sutan menjadi anggota DPR untuk periode 2004-2009. Selain itu, ia juga menjadi tim sukses untuk SBY dan JK dalam pilpres 2004.

Tahun 2009, ia kembali menyalonkan diri menjadi anggota legislatif dari Dapil Sumut I, dan lagi-lagi dirinya terpilih dan duduk di Komis VII yang menbidangi pertambangan. Pada periode kedua ini, namanya mulai dikenal oleh publik. Terlebih dengan kritikan dia yang tajam dan celotehan-celotehan yang mengundang tawa orang. Salah satunya saat ia mengeluarkan kata “ngeri-ngeri sedap”, “lucu-lucu ngeri”, “masuk barang tu”, “ikan salmon”. Kini kata-kata tersebut banyak diikuti oleh orang.

Diluar dari coletahanya itu, Sutan juga pernah adu argumen dengan politis lain di DPR. Salah satunya dengan Bambang Soesatyo. Sutan menganalogikan hewan yang identik dengan urusan orgasme ini kepada lawan politinya di DPR, Bambang Soesatyo. Menurutnya Bambang mirip ikan salmon karena memiliki sahwat (orgasme) politik yang kuat. Tak terima, politikus Partai Golkar itu pun membalas Sutan dengan sebutan ikan teri asin.

Nama                 : Sutan Bhatoegana Siregar
Tanggal Lahir   : Pemantang Siantar, 13 september 1957
Alamat               : Jalan Kenanga Raya No. 88 Medan

Keluarga
Istri, Hj. Nunung Rusyatie.
Anak (1) Raja Hudrie Perlindungan Siregar,
(2) Ririe Meyla Shanty Kusuma Siregar,
(3) Putri Sheyla Ferbianty Puspita Siregar

Riwayat Pekerjaan

1. Field Engineer, PT. Teras Tekhnik Perdana (1983)
2. Site Manager, PT. Teras Tekhnik Perdana (1984)
3. General manager/Mgt. Representative, PT. Teras Tekhnik Perdana (1994-2001)
4. Direktur Operasi, PT. Andaru Puspita : Indramayu (1996-2001)
5. Komisaris, PT Browindo Binanusa : Jakarta (1996-2006)
6. Managing Director, PT Mahkota Agung Pratama : Jakarta (2001)
7. Managing Director, PT Delta Matra Tekhnik : Jakarta (2001-sekarang)
8. Vice President, PT Timas Suplindo : Jakarta (2003-sekarang)
9. Anggota DPR RI (2004-sekarang)
10. Anggota panitia anggaran DPR RI (2004-2006)
11. Anggota BAMUS DPR RI (2008-sekarang)
12. Anggota Timwas Century (2010-sekarang)

Riwayat Organisasi  

1. Kasie II Yon V Mahakarta ATN Yogyakarta (1979-1982)
2. Anggota Dewan Pembina FKPPI Lhoksumawe (1985-1989)
3. Ketua Yayasan Karya Insani Cilacap (1990-sekarang)
4. Ketua Umum Gerakan Penyelamat Bangsa dan Tanah Air RI wilayah Jakarta Selatan (1999-sekarang)
5. Deklarator, pendiri dan wakil sekjen Partai Demokrat (2001-sekarang)
6. Penasehat Generasi Muda Demokrat (2004-sekarang)
7. Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI (2009-sekarang)
8. Dewan Penasehat Persatuan Marga Siregar (2009-sekarang)

Dikutip dari berbagai sumber – LPI

Advertisements

3 Responses to Profil SUTAN BHATOEGANA SIREGAR

  1. alam says:

    Vote SBS

  2. alam says:

    SBS maju terus masyarakat sumut butuh pemimpin yang terlahir dari masyarakat yang paham apa yg menjadi kebutuhan masyarakat tersebut..bukan hanya sekedar janji”

  3. Mardi says:

    Semoga Pak Sutan Bhatoegana Siregar menjadi Gubernur Sumut 2013, A…miiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s