Profil Amri Tambunan

Birokrat Karir Cerdas

Rekam Jejak Calon Gubernur Sumut Drs H Amri Tambunan — Untuk memacu laju percepatan pembangunan, Pemkab Deliserdang menetapkan tiga prioritas pembangunan yaitu sektor Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur tanpa mengabaikan sektor lainnya. Percepatan pembangunan di sektor pendidikan, Drs Amri Tambunan memunculkan ide dengan konsep ‘Cerdas’ (Percepatan Rehabilitasi dan Apresiasi terhadap Sekolah). Sedang pada sektor pembangunan infrastruktur dengan program ‘GDSM’ (Gerakan Deli Serdang Membangun) dan pada sektor Kesehatan dengan program ‘Ceria’.

Di sektor pendidikan, ratusan gedung sekolah (SD) yang kondisi sebelumnya cukup memprihatinkan dan tidak layak sebagai sarana mencetak anak-anak bangsa, lewat konsep ‘Cerdas’ berhasil direhabilitasi. Dengan melibatkan tiga pilar kekuatan,saat ini tidak ada lagi gedung sekolah (SD) yang kondisinya tidak layak.

Begitu juga dibidang infrastruktur, ratusan kilometer badan jalan telah diaspal hotmix hingga ke pelosok desa.Meski diakui masih ada badan jalan yang belum diaspal, meski telah dikeraskan.

Di sektor kesehatan, selain membangun Puskesdes sebagai sarana terdekat dalam memberi pelayanan kepada masyarakat, keberadaan Puskesmas telah ditingkatkan menjadi Puskesmas rawap inap. Semua ide maupun program yang digulirkan mendapat respon dan telah membuahkan hasil optimal dan dirasakan seluruh lapisan masyarakat hingga ke pedesaan.

Sejalan dengan program GDSM yang terus bergulir, pada sektor pembangunan pertanian tercatat berbagai pencapaian hasil yang cukup signifikan antara lain peningkatan hasil produksi padi dari 382,737 ton tahun 2008 naik menjadi 391.623 ton tahun 2009 dengan luas panen dari 73.812 Ha menjadi 75.534 Ha.

Khusus untuk pengembangan sektor industri kecil dan rumah tangga, pembinaannya dilakukan secara intensif melalui Dekranasda antara lain peningkatan produksi kain tenun dan kerajinan rakyat yang telah berhasil menembus pasar dalam dan luar negeri.

Pada sektor Pariwisata juga menjadi sebuah harapan yang besar bagi Deliserdang yang memiliki tempat-tempat objek wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya di Sumut.

Demikian juga wisata bahari,adanya tempat rekreasi yang nyaman seperti ‘ Siba Island ‘ di kecamatan Hamparan Perak. Berbagai potensi pariwisata yang ada ini telah dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi dengan mempertahankan karakteristik dasar dari masyarakat serta nilai budaya.

Potensi pariwisata yang masih dimiliki untuk dikembangkan ke depan karena memiliki prospek yang cukup baik di daerah ini antara lain Pantai Pasir Putih di wilayah Kec.Hamparan Perak, Pantai Labu dan beberapa wisata alam lainnya di Kec.Biru-biru dan Pancur Batu.

Apa yang diuraikan merupakan titik berat pembangunan Kabupaten Deliserdang sesuai dengan potensi yang dimiliki. Namun diyakini akan mampu dikembangkan Drs H Amri Tambunan bersama H Zainuddin Mars yang memulai kepemimpinan di periode kedua di daerah ini sejak 7 April 2009 untuk menyong-song Deliserdang yang lebih cerah.

Karir Birokrasi :
1. Kaur Pembinaan Masyarakat Kantor Camat Medan Johor 1979 – 1981
2. Camat Tanjung Morawa 1984 – 1988
3. Asisten II Setwilda Tk. II Deliserdang 1988 – 1995
4. Pembantu Bupati Deli Serdang Wilayah IV 1995 – 1997
5. Kepala Subdis Retribusi Dispenda Tk. I SU 1997
6. Kepala Biro Humas Setdasu 1997 – 1999
7. Sekretaris Daerah Kota Medan 1999 – 2002
8. Kepala Badan Informasi dan Komunikasi Provsu 2002 – 2004
9. Bupati Deli Serdang. (2004 – 2009, 2009 – 2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s