Info Terkini

1 September 2012 Pukul 10:20 WIB
Medan, 1/9 (ANTARA) – Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, mengatakan pemerintah provinsi sangat konsen dengan pemilihan umum Kepala Daerah (Pilkada) yang dijadwalkan akan berlangsung 7 Maret 2013.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut tidak pernah menghambat, apalagi menunda-nunda pelaksanaan demokrasi tersebut,” katanya pada acara penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah antara Plt Gubernur Sumatera Utara dengan Ketua KPU Provinsi Sumut dan Ketua Panwaslu Sumut di Medan, Jumat.

Gatot juga meminta semua pihak, agar dapat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di Sumatera Utara yang selama ini kondusif.

“Saya ingin mengingatkan kembali, pada prinsipnya jajaran Pemprov Sumut tidak akan menghalangi maupun menghambat, apalagi menunda-nunda pelaksanaan Pilkada karena kegiatan ini sudah merupakan amanah konstitusi,” katanya.

Oleh karena itu, dia mengharapkan kepada seluruh jajaran Pemprov Sumut untuk senantiasa meningkatkan komitmen demi terselenggaranya pemilihan umum yang demokratis yaitu bebas dan jujur, serta terciptanya sinergisme bersama KPU dan Panwaslu Provinsi Sumut.

Dalam penandatanganan MoU ini, ada beberapa komitmen Pemprov Sumut untuk penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Sumut 2013, yakni pertama memberikan dukungan sepenuhnya terhadap kelancaran tugas KPU dan Panwaslu Provinsi Sumut.

Kedua, memberikan dukungan anggaran bagi pelaksanaan tugas KPU dan Panwaslu Provinsi Sumut. Ketiga, memberikan advokasi disemua tingkatan terhadap masalah yang dihadapi KPU dan Panwaslu Provinsi Sumut. Keempat, menata sumber daya manusia (SDM) birokrat pegawai negeri sipil pada sekretariat KPU dan Panwaslu Provinsi Sumut.

Kelima adalah turut serta mengevaluasi program dan kegiatan KPU dan Panwaslu Provisi Sumut sesuai naskah perjanjian hibah daerah. Keenam, memberikan dukungan dalam perencanaan dan penganggaran dana yang dibutuhkan melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Ketujuh, penyediaan data pemilih sementara yang akan dimutahirkan mulai dari tingkat KPPS, PPS, KPUD, kabupaten/kota sampai dengan KPU Provinsi.

Kedelapan, memfasilitasi tim seleksi pembentukan Panwas kabupaten/kota se-Sumatera Utara, dan kegiatan lainnya misalnya sosialisasi, kegiatan pengamanan, desk pilkada dan sebagainya.

“Melalui sambutan ini saya ingin memaklumkan kepada KPU dan Panwaslu Provinsi Sumut bahwa naskah perjanjian hibah daerah yang ditandatangani ini masih akan ditindaklanjuti dengan naskah perjanjian hibah daerah susulan. Karena semua kegiatan KPU dan Panwaslu dapat dibiayai melalui hibah daerah, masih akan ada tambahan bantuan hibah daerah melalui RAPBD Provinsi Sumut tahun 2012 dan APBD Sumut tahun 2013,” kata Gatot.

Dalam acara naskah penandatanganan hibah daerah antara Plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dengan Ketua KPU Provinsi Sumut Irham Buana Nasution dan Ketua Panwaslu Sumut David Sutanto juga dihadiri Sekda Provinsi Sumut Haji Nurdin Lubis, mewakili Polda Sumut dan Pengadilan Tinggi Sumut.

Sumber: http://sumut.antaranews.com/pemprov-sumut-sangat-konsen-dengan-pilkada-2013

Advertisements

One Response to Info Terkini

  1. Kita sambut Pilkada dengan Luber dan Jurdil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s